Minggu, 04 November 2012

Linux Fedora

LINUX FEDORA

Fedora (sebelumnya bernama Fedora Core, kadang-kadang disebut juga dengan Fedora Linux) adalah sebuah distro Linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas program serta disponsori oleh RedHat. Nama Fedora berasal dari karakter fedora yang digunakan di logi RedHat.

Salah satu visi utama Fedora tidak hanya mengandung software dibawah license software opensource dan gratis, tetapi juga menjadi teknologi yang mutakhir.

Nama Fedora berasal dari Fedora Linux, proyek sukarela yang dikembangkan perangkat lunak tambahan untuk distro RedHat Linux, dan dari karakteristik fedoora yang mengembangkan perangkat lunak tambahan ("Shadowman"). Fedora Linux akhirnya diserap ke dalam Fedora Project. Fedora adalah merek dagang dari RedHat, walaupun hal ini pernah disengketakan oleh para pencipta repositori perangkat lunak Fedora, namun masalahnya telah diselesaikan.

Fitur Keamanan

Keamanan adalah salah satu fitur penting di fedora. Salah satu fitur yang terdapat pada Fedora adalah Security-Enchance Linux, fitur Linux yang mengimplementasikan kebijaksanaan keamanan linux, termasuk pengawasan akses perintah, melalui Modul keamanan Linux kernel. Fedora adalah salah satu  dari distribusi yang memimpin sengan SELinux. SELinux diperkenalkan pada Fedora Core 2. Tetapi ini dinonaktifkan, karena mengubah secara radikal bagaimana sistem operasi bekerja, tetapi diaktifkan lagi pada Fedora Core 3 dan diperkenalkan dengan sedikit tepat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar